Belasan UKM raih penghargaan dalam ajang Festival Kreatif Lokal 2020

Belasan UKM raih penghargaan dalam ajang Festival Kreatif Lokal 2020

Jakarta (ANTARA) – Sebanyak 18 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berhasil meraih penghargaan di Festival Kreatif Lokal 2020 (FKL) karena dinilai telah menciptakan kinerja yang impresif di tengah pandemi COVID-19.

Direktur Pemasaran Ekonomi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Baparekraf Yuana Rochma Astuti dalam keterangannya di Jakarta, Rabu menjelaskan bahwa Kementerian Pariwisata berkomitmen memberikan bantuan bisnis dan mengikutsertakan finalis dalam berbagai program yang ada di Kementerian Pariwisata, seperti "BeliK KreatifLokal" dan program lain.

Peserta juga memiliki peluang besar untuk mendapatkan eksposur pemasaran di berbagai pameran dan acara di dalam dan luar negeri, katanya.

Baca juga: UMKM Bogor Siap Bertanding di Program "Beli Kreasi Lokal"

Festival terselenggara berkat kerja sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf / Baparekraf) dan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) penghargaan dalam 6 kategori, mulai dari fashion, kuliner, fotografi, presentasi, kriya, dan video.

“Melalui FKL ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa mereka bisa menjadi pejuang nasional dengan #BanggaBuatanIndonesia dengan menggunakan dan membeli produk kreatif lokal. Dengan menggunakan produk kreatif lokal, mereka telah membantu UMKM menjadi tulang punggung pertahanan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menjelaskan bahwa Local Creative Award 2020 diberikan kepada para pemenang bertepatan dengan puncak perayaan HUT ke-30 Adira Finance pada Jumat, 13 November 2020.

Baca juga: Kemenparekraf dorong UKM untuk memasarkan produknya melalui platform digital

Melalui Creative Local Awards 2020, 18 wirausahawan telah menunjukkan kinerja yang mengesankan dengan memberdayakan masyarakat sekitar melalui inovasi dan kreativitas, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup diri dan lingkungannya.

Baca:  Kemenparekraf latih pelaku ekraf Medan cara menulis skenario kreatif

“Kami berharap mereka bisa menginspirasi kita semua, dan memberi semangat kepada kita untuk bangkit bersama dan bekerja sama dalam membangun perekonomian Indonesia,” kata Hafid Hadeli.

Penghargaan diberikan langsung oleh Managing Director Adira Finance Hafid Hadeli, serta Direktur Adira Finance lainnya, I Made Dewa Susila, Ho Lioeng Min, Swandajani Gunadi, Niko Kurniawan Bonggowarsito, Harry Latif, dan Jin Yoshida yang turut serta dalam acara tersebut.

Turut serta dalam acara tersebut adalah Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Yuana Rochma Astuti, Komisaris Utama Adira Finance dan Direktur Utama Bank Danamon, Yasushi Itagaki.

Baca juga: Kemenparekraf Dorong UMKM Manfaatkan Program Bantuan Insentif Pemerintah

Beberapa kepala daerah bangga dan menunjukkan apresiasinya dengan memberikan motivasi dan dukungan langsung melalui aplikasi Zoom, sehingga para pemenang semakin bersemangat untuk memberikan kontribusi positif bagi Indonesia.

Bupati antara lain Gubernur Banten Wahidin Halim, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, dan perwakilan Gubernur Kalimantan Timur, Isnan Noor.

Selain itu, ada juga seorang pengusaha ternama, Sandiaga Uno yang hadir dan memberikan ucapan selamat kepada UKM dan industri kreatif.