Ini empat pilihan tempat liburan untuk menyepi dari keramaian

Ini empat pilihan tempat liburan untuk menyepi dari keramaian

Jakarta (ANTARA) – Dulu, mencari tempat liburan bukan masalah besar karena orang dilarang saat terjadi wabah, kini orang mencari tempat yang tenang untuk bersantai. Di tempat yang sepi, masyarakat bisa merasa lebih aman karena risiko penularan virus corona juga berkurang.

Bali
Berdasarkan penelusuran agen perjalanan online ticket.com, pulau Bali masih menjadi tempat liburan idaman orang Indonesia karena berada di pencarian nomor satu.

Baca juga: Hingga akhir 2020, destinasi wisata Yogyakarta sudah menerapkan protokol kesehatan 4M

Pulau Dewa biasanya penuh dengan wisatawan domestik dan mancanegara, tetapi wabah tersebut telah sepenuhnya menghentikan arus wisatawan asing. Restoran dan hotel yang biasanya ramai kini sepi, apalagi pengelola harus mematuhi aturan untuk membatasi kapasitas maksimal.

Manajer Area Indonesia Timur Tiket.com, Rajasa Oktavio Hadisoemarto mengatakan, memesan akomodasi di Bali adalah yang tercepat dibandingkan tempat lain di tengah wabah COVID-19.

"Kalau OTA (agen perjalanan online) dilihat dari penjualan kamar, dari Bali ditutup untuk wisatawan domestik, maka buka mulai 1 Agustus hingga 31 November naik 6 kali lipat," kata Rajasa kepada ANTARA di Bali pekan lalu.

Pemulihan pariwisata di Pulau Dewa, kata dia, lebih cepat dari yang diharapkan. Saat ini, masyarakat mulai berani berlibur asalkan protokol kesehatan benar-benar diterapkan.

Baca juga: Bali dipercaya tetap menjadi objek wisata pasca wabah

Senggigi, Lombok Barat

Jika menurut Anda Bali masih cukup ramai, cobalah mampir di pulau dekat yang kondisinya lebih tenang, tepatnya di dekat pantai Senggigi.

Ada berbagai akomodasi di sana untuk bersantai setelah menikmati suasana di pantai, mendengarkan deburan ombak, atau bersantai setelah menyantap nasi panas dengan ayam Taliwang pedas dan bayam.

Baca:  Kumunitas seniman TMII bergantung pada donasi untuk menyambung hidup

Menurut General Manager Lombok Holiday Resort I Ketut M. Jaya Kusuma, saat ini sebagian besar tamunya adalah warga lokal yang ingin menginap. Jadi, jumlah wisatawan domestik dari luar Lombok tidak terlalu banyak.

Baca juga: Sukabumi Promosikan Geopark Ciletuh ke Luar Negeri

Gili Trawangan

Gili Trawangan bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berlibur di tempat yang lebih tenang. Tempat wisata di Lombok Utara mulai ramai dikunjungi wisatawan setelah ditutup akibat wabah COVID-19. Demi keselamatan dan keamanan, Polda Lombok Utara telah memperketat penjagaan di pintu masuk untuk memeriksa wisatawan yang masuk.

Sumba

Berbeda dengan penerbangan ke Bali, penerbangan ke Sumba lebih terbatas. Akibatnya, jumlah wisatawan yang datang tidak sebanyak wisatawan di pulau Dewa. Pulau yang kecantikannya diperlihatkan dalam film "Swordsman of the Golden Stick" dan "Humba Dreams" ini juga bisa menjadi pilihan untuk liburan yang lebih tenang.