Kebon Raya Bogor ramai dikunjungi wisatawan di akhir pekan

Kebon Raya Bogor ramai dikunjungi wisatawan di akhir pekan

Bogor (ANTARA) – Kebun Raya Bogor (KRB) pada libur panjang akhir pekan, mulai dari Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H pada Kamis (20/8) hingga Minggu hari ini, cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Namun, dari Kamis hingga Minggu hari ini, pengunjung KRB tampaknya paling banyak pada hari Minggu, sekitar 4.000 orang. “Pengunjung KRB saat ini bisa mencapai 4.000 orang,” kata Himas KRB, Zainal Arifin.

Dari pantauan Antara, pengunjung KRB yang umumnya keluarga dan rombongan terlihat duduk santai di bangku-bangku yang disediakan atau di rerumputan hijau di dekat Tasik Gunting yang memiliki pemandangan pepohonan hijau dan Istana Bogor.

Baca juga: Pengunjung Kebun Raya Bogor berjatuhan karena minimnya tempat parkir

Banyak pengunjung yang terlihat berjalan di lokasi lain seperti dekat jembatan putih, di Astrid Park, Monumen Lady Raffless, dekat Patung Putri Duyung Kecil, dan lokasi lainnya.

Namun banyak pengunjung yang memanfaatkan layanan rental sepeda atau mobil terbuka yang disediakan pengelola KRB untuk berkeliling KRB.

Pengelola menyediakan 12 unit mobil golf dan sekitar 30 sepeda. Namun ada juga pengunjung yang datang dengan membawa sepeda sendiri ke KRB.

Zainal menjelaskan, setelah pembukaan kembali KRB pada 7 Juli 2020, banyak terjadi perubahan layanan dan fasilitas. Sebelumnya, KRB tidak beroperasi atau ditutup sementara untuk umum, sekitar empat bulan, akibat pandemi COVID-19.

Layanan yang diberikan KRB setelah dibuka kembali antara lain penjualan tiket secara online. Pengunjung KRB dapat memesan tiket secara online melalui website yang telah disediakan.

Baca juga: Saat Presiden Jokowi dan PM Tiongkok menanam pohon kamper (Video)

“Pengunjung juga bisa membeli tiket secara online di pintu masuk KRB, jika kuota pengunjung masih bisa dilakukan,” ujarnya.

Baca:  Pekerja seni diharapkan bantu bangun kesadaran masyarakat jalani protokol kesehatan

Menurut dia, kuota pengunjung KRB saat wabah COVID-19 maksimal 5.000 pengunjung. "Begitu jumlahnya mencapai 5.000, pengelola tidak akan lagi menjual tiket, kecuali pengunjung berangkat pada jam operasional," ujarnya.

Manajer KRB membuka layanan bagi pengunjung setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. “Pengunjung yang datang ke KRB diminta memakai masker dan memakai tata tertib kesehatan,” ujarnya.

Pengelola KRB, kata dia, juga menyiapkan petugas Satgas COVID-19 yang akan menegur jika pengunjung tidak memakai masker.