Kembangkan potensi wisata, Bekasi optimalkan peran Pokdarwis

Kembangkan potensi wisata, Bekasi optimalkan peran Pokdarwis

Cikarang, Bekasi (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengoptimalkan peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk mengembangkan potensi sektor pariwisata di wilayahnya.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Mudrika mengatakan Pokdarwis merupakan salah satu ujung tombak pengembangan obyek wisata yang lebih maju dan unggul.

“Kami sedang berupaya mengoptimalkan perannya. Saat ini ada sekitar 12 Pokdarwis yang telah dilatih. Ke depan, kegiatan ini akan terus kami lakukan secara terus menerus,” kata Mudrika di Cikarang, Sabtu.

Baca juga: Tujuh sumur tua di Bekasi ditetapkan sebagai cagar budaya

Mereka antara lain Gedung Pokdarwis Juang Tambun, Jembatan Cinta Tarumajaya, Pantai Bungin Muaragembong, Situ Cibeureum Tambun, dan Situ Binong Pokdarwis di Kabupaten Cikarang Tengah.

“Masih banyak, meski belum ada pandemi COVID-19, sudah ada beberapa Pokdarwis yang sudah mengajukan proposal, tapi harus ditunda,” ujarnya.

Dalam latihannya mereka memberikan pandangan tentang pengelolaan objek wisata agar mendatangkan banyak pengunjung dengan memaksimalkan potensi tempat-tempat menarik tersebut.

Baca juga: Bupati Bekasi Resmikan Gubuk UKM di Ekowisata Sungai Jingkem

Menurutnya, munculnya sejumlah objek wisata baru di Kabupaten Bekasi merupakan penghargaan yang harus didukung. Artinya, kata dia, Pokdarwis harus sadar bahwa lokasi yang dikelolanya memiliki banyak potensi.

“Mengelola pariwisata harus dipahami oleh Pokdarwis, antara lain masalah ketentraman, kedamaian, kenyamanan, dan lain-lain,” ujarnya.

Menurut Mudrika, tugas Pokdarwis lebih kepada manajemen, yaitu bagaimana dibangun pola pengelolaan dalam menjual obyek-obyek wisata yang berpotensi memberikan pemasukan bagi kas daerah.

Baca juga: Operator wisata puas dengan rencana pembukaan objek wisata di Bekasi

Pokdarwis yang sudah terlatih harus mengetahui tugas melayani pengunjung di tempat-tempat menarik yang dikuasai, salah satunya adalah memberikan senyum ramah, penguasaan lokasi, dan membimbing pengunjung sebaik mungkin.

Baca:  Kemasan "Reklame" jadi kunci sukses promosi di tengah pandemi

“Yang pasti perlakuan yang baik dan baik dari Pokdarwis pasti akan menjadi nilai tersendiri bagi para pengunjung. Begitu datang pasti akan kembali ke tempat wisata ini bersama yang lain,” ujarnya.