Kemenparekraf apresiasi UMKM lewat ajang “Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020”

Kemenparekraf apresiasi UMKM lewat ajang

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengapresiasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui Indonesia Made Proud 2020 (BBI) Award yang akan digelar pada 6 Desember 2020 di ICE BSD, Tangerang. Selatan, Banten.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Sabtu, mengatakan dalam situasi yang penuh keterbatasan dan tantangan, para pelaku usaha bekerja keras dan memberikan kontribusi nyata, dengan melakukan berbagai inovasi dan transformasi untuk menghasilkan produk dan jasa. kualitas.

Baca juga: Kemenparekraf dorong UKM Labuan Bajo untuk kreatif dan inovatif melalui "aksilarisasi"

Upaya ini patut diapresiasi, salah satu bentuk penghargaan ini adalah penghargaan Indonesia Made Proud Award 2020, ujar Wishnutama.

Wishnutama menjelaskan ajang BBI 2020 Awards merujuk pada Gerakan Kebanggaan Nasional Indonesia yang lahir sesuai arahan Presiden untuk melaksanakan program padat karya dalam upaya mengurangi dampak COVID-19 di sektor ekonomi dan UKM.

Gerakan BBI ini merupakan sinergi aktif dari 14 Kementerian / Lembaga di bawah koordinasi Kementerian Kelautan dan Koordinator Penanaman Modal.

Baca juga: UMKM Bogor Siap Bertanding di Program "Beli Kreasi Lokal"

Penghargaan BBI 2020 digelar dengan tema Penguatan Ekosistem Digital dan Menginspirasi Produk Kebanggaan Indonesia.

Dalam ajang BBI 2020 Award, pengusaha akan diberikan 11 kategori yaitu fashion, craft, kuliner, film, animasi, musik, aplikasi, games, manufacturing, beauty and fitness, dan event.

Penghargaan akan diterima oleh para pemenang berupa piala untuk pemenang di setiap kategori, hadiah uang tunai, dan bantuan yang difasilitasi yang ditentukan untuk setiap program, kata Wishnutama.

Wishnutama juga menjelaskan, proses seleksi dan evaluasi akan dilakukan secara ketat dengan melibatkan para profesional di bidangnya dan masyarakat umum.

Baca:  Pelaku ekonomi kreatif difasilitasi gandeng mitra global melalui G-CINC

Baca juga: Kemenparekraf dorong UKM untuk memasarkan produknya melalui platform digital

Di awal pantauan sekitar 450 ribu UKM dan UKM lokal yang memanfaatkan sektor digital dalam mengembangkan usahanya. Dari jumlah tersebut, melalui penapisan awal berupa jenjang kegiatan yang menggunakan sektor digital, kata Wishnutama.

Lulus 735 uji coba yang kemudian dikuratori oleh Tum Curator dari 14 kementerian dan lembaga, serta 10 asosiasi dan idEA untuk menghasilkan 15 besar dari masing-masing kategori. Kemudian, proses evaluasi pemilihan tiga besar finalis masing-masing kategori dilakukan oleh tim juri dari media, praktisi dan akademisi profesional di bidangnya, jelas Wishnutama.

Di akhir pemenang, masyarakat dapat melakukan voting melalui anugerah.banggabuatanindonesia.co.id untuk menentukan pemenang 1, 2, dan 3. Voting dapat dilakukan mulai tanggal 20 November hingga 5 Desember 2020.

Melalui ajang BBI 2020 Award ini diharapkan dapat memotivasi para pelaku UMKM untuk terus mengembangkan usahanya, membantu pelaku usaha untuk mendorong lemahnya pergerakan ekonomi akibat keterbatasan mobilitas masyarakat, dan semoga memudahkan penyerapan produk Indonesia, ujar Wishnutama.