Khawatir terinfeksi virus, gajah di TSI Bogor ikut jalani pemeriksaan kesehatan

Cisarua, Bogor (ANTARA) – Seekor gajah sumatera koleksi Taman Safari Indonesia (TSI) di Bogor, Jawa Barat, menjalani pemeriksaan kesehatan paru-paru dengan mencuci belalai, dikhawatirkan terjangkit virus dan bakteri.

“Kegiatan ini dilakukan sebelum terjadinya pandemi COVID-19, TSI rutin melakukan pemeriksaan kesehatan paru-paru gajah. Tak hanya itu, tim dokter TSI rutin memeriksakan kesehatan seluruh gajah Sumatera,” ujar dokter TSI Bogor, drh Yohana usai melakukan pemeriksaan kesehatan gajah. . Seorang gadis berusia 12 tahun bernama Cicih berada di Bogor, Kamis.

Baca juga: TSI Bogor menggelar pawai yang menampilkan tokoh-tokoh sejarah dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
Baca juga: Gubernur Jawa Barat mengizinkan Taman Safari Bogor dibuka kembali

Pemeriksaan paru-paru gajah ini tergolong tes usap ala gajah, bertepatan dengan Hari Gajah Sedunia yang jatuh pada 12 Agustus 2020. Pasalnya, TSI Bogor merayakan Hari Gajah dalam berbagai kegiatan mulai tanggal 15 hingga 23 Agustus 2020.

Salah satu kegiatan dalam memperingati Hari Gajah Sedunia di TSI adalah "talk show" bertema gajah, sehingga pengunjung dapat mengajukan pertanyaan terkait kegiatan konservasi gajah yang dilakukan oleh TSI Bogor maupun pertanyaan lainnya seputar gajah.

Baca juga: Bayi bayi gajah lahir di TSI Puncak Bogor bernama Covid

Direktur Taman Safari Jansen Manansang mengaku sudah lama mempelajari gajah.

Pasalnya, ia terlibat dalam Operasi Ganesha di Sumatera pada tahun 1982 yang merupakan konflik antara gajah dan manusia.

“Taman Safari berharap dengan diadakannya peringatan Hari Gajah Sedunia ini masyarakat dapat mencintai mamalia besar ini sejak dini,” ujarnya.

Baca:  "The Friends of Creative Economy 2020" digelar sambut tahun ekraf dunia