Masyarakat disarankan terapkan lima langkah saat berwisata agar tetap aman saat pandemi

Masyarakat disarankan terapkan lima langkah saat berwisata agar tetap aman saat pandemi

Jakarta (ANTARA) – Masyarakat diimbau untuk mengambil lima langkah saat bepergian agar tetap aman dalam situasi pandemi COVID-19, termasuk mematuhi protokol kesehatan.

Kepala Bidang Akuarium Sosial, Branding, dan Komunikasi DKI Jakarta Fira Basuki, Senin, mengatakan, pihaknya telah memberikan lima tips bagi masyarakat yang ingin berwisata namun tetap aman.

Beberapa tips, yaitu memilih hari yang tenang. Jika harus memilih hari, pilihlah hari dengan jumlah orang paling sedikit, biasanya Senin-Kamis, meski hari Jumat masih sedikit lebih sepi dibanding Sabtu-Minggu. “Bisa juga menghubungi tempat wisata terlebih dahulu untuk menanyakan hari apa yang sepi tapi kita tetap bisa menikmati semua aktivitas,” ujarnya.

Baca juga: Vokasi UI Latih Pengelola Desa Wisata di Jawa Barat Ditengah Wabah
Baca juga: Kemenparekraf merumuskan strategi pemasaran wisata selam saat wabah

Contohnya di Jakarta Aquarium yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Group, bahkan di hari biasa pengunjung bisa menikmati kehadiran lebih dari 3.000 lebih hewan air dan non-akut.

Di organisasi konservasi ini, pengunjung masih bisa melihat pertunjukan satwa untuk memberi makan satwa, serta pertunjukan opera putri duyung yang memadukan atraksi panggung dan akuarium, Mutiara Laut Selatan.

Langkah kedua, masyarakat harus mematuhi aturan kesehatan yang maksimal, meski tentunya tempat wisata juga menjaga aturan kesehatan.

“Pilih tujuan wisata yang aman yang dapat memastikan pekerja negatif COVID-19 dan secara teratur menjalani tes cepat, semua area didesinfeksi, ada wastafel dan pembersih tangan di banyak lokasi di lokasi, dan selalu ketat dalam menjauhkan pengunjung. Pastikan ada aturan untuk “Mereka bugar dan sehat, diperiksa suhunya, selalu pakai masker, dan tangan selalu bersih,” kata Fira Basuki.

Baca:  Kemenparekraf optimalkan potensi pariwisata domestik di tengah kontraksi ekonomi

Baca juga: Liburan Panjang, Pemerintah Kota Bogor Sambut Wisatawan dengan Protokol Kesehatan Yang Ketat

Langkah ketiga adalah memilih destinasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya jalan-jalan sekaligus dengan nilai tambah kalau bisa belajar menambah ilmu, ”ujarnya.

Langkah keempat adalah mencari tempat wisata yang makanannya tersedia di tempat wisata.

Dan terakhir, jika memungkinkan, masyarakat dapat mencari acara promosi dari tempat tujuan sehingga dapat menghemat uang untuk kebutuhan rekreasi.