Menparekraf berharap saluran TV SEA Today turut promosikan sektor pariwisata RI

Menparekraf berharap saluran TV SEA Today turut promosikan sektor pariwisata RI

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengapresiasi peluncuran saluran televisi berita SEA Today dan berharap dapat turut memberitakan dan memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

“SEA Today bisa menjadi sarana untuk mempromosikan Indonesia (khususnya) pariwisata dan ekonomi kreatifnya secara kekinian,” ujarnya saat Soft Launching SEA Today di Gedung Telkom STO, Jakarta Pusat, Rabu.

Wishnutama menyampaikan bahwa SEA Today diharapkan dapat menyampaikan informasi baik tentang Indonesia kepada masyarakat di kawasan Asia Tenggara dan juga dunia internasional.

Baca juga: Kemenparekraf dukung Pameran Furnitur & Kriya SAEXPO 2020 untuk menghidupkan kembali industri furnitur

“Mudah-mudahan saluran ini bisa menjadi penyuluhan informasi tentang potensi alam, budaya, dan ekonomi kreatif yang dapat menarik wisatawan ke investor asing. Tantangan ke depan adalah bagaimana kita mengemas materi tersebut menjadi konten komunikasi yang menarik untuk disampaikan,” ujarnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Utama PT Telkom Ririek Ardiansyah, dan Komisaris Utama PT Telkom Rhenald Kasali.

Menurut Wishnutama, Indonesia tidak hanya memiliki kekayaan dan keindahan alam serta keanekaragaman budaya yang dapat diusung oleh SEA Today.

Indonesia juga memiliki keanekaragaman di berbagai subsektor pariwisata dan ekonomi kreatif, seperti dari sisi kuliner.

“Kalau kita kemas dengan baik, jajanan pasar Indonesia bisa sangat menarik isinya,” kata Wishnutama.

Baca juga: Virtual Pass PTN Pariwisata untuk 2.746 Wisudawan

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menambahkan, SEA Today diharapkan dapat menjadi media yang dapat menyebarkan dan mengembangkan citra positif Indonesia di mata dunia.

“Media yang baik merupakan media yang dapat memberikan inspirasi dan persepsi yang baik, terutama untuk meningkatkan citra Indonesia di mata dunia,” ujarnya.

Baca:  Kemenparekraf gencar lakukan promosi untuk bangkitkan pariwisata Indonesia

Selain itu, Erick juga berharap SEA Today dapat menjadi wadah bagi generasi milenial tanah air untuk berkarya, berinovasi dan berkreasi.

“Sudah saatnya kita dilihat oleh dunia, inilah saatnya kita bangkit, seperti pemuda yang bangkit menyatukan Indonesia pada 28 Oktober 1928,” ujarnya.

Baca juga: Parafrase mengajak kaum milenial memanfaatkan platform digital untuk menggarap parafrase

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan pembangunan studio SEA Today rencananya akan selesai pada akhir kuartal I 2021.

Selain itu, menurutnya SEA Today rencananya akan didistribusikan ke luar negeri melalui kerjasama dengan media internasional.

"Kami berencana menayangkan SEA Today di 10 negara, beberapa di antaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan," kata Ririek.

Acara juga diisi dengan pemotongan tumpeng dan pemberian cinderamata berupa seragam SEA Today kepada Wishnutama dan Erick Thohir oleh wakil direktur PT Telkom.