Menparekraf Sandi sarankan warga “staycation” merayakan Tahun Baru 2021

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Persiapan) Sandiaga Uno mengimbau warga DKI Jakarta "menginap" atau menginap di hotel untuk merayakan libur Tahun Baru 2021 saat wabah COVID-19 merebak.

“Kalau ada masyarakat yang mau berlibur, saya rekomendasikan 'staycation'. Kalau tidak di rumah mungkin menginap di hotel yang memiliki standar ketat dan disiplin,” kata Sandi saat mengunjungi Thamrin 10 di Jakarta. , Kamis.

Baca juga: Sandiaga Uno Sebutkan Kebijakan Pemblokiran Masuk Orang Asing untuk Keamanan Nasional

Sandi menjelaskan, hotel yang menerapkan tata tertib kesehatan dengan disiplin dalam dunia pariwisata diketahui memiliki CHSE atau Hygiene, Health, Safety, Environmental Sustainability.

“Lebih mudah disebut K-4. K-4 artinya kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan. Itu saran saya,” kata Sandi.

Namun, ia berharap masyarakat bisa merayakan tahun baru hanya di rumah dan tidak harus keluar rumah.

Baca juga: Menparekraf dukung pariwisata berbasis budaya Bali 100 persen

“Lebih baik di rumah, tapi kalau ingin terus merayakan bersama, sebaiknya menginap di hotel dan sesuai dengan protokol kesehatan. Tetap pegang teguh disiplin 3M,” ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Seperti diketahui, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, liburan Tahun Baru ini harus dirayakan secara seperlunya dan warga diimbau untuk tinggal di rumah guna mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Sandiaga Uno akan segera menerapkan tiga gagasan pariwisata Indonesia

Di DKI Jakarta bahkan seluruh tempat wisata ditutup mulai 31 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan bagi penghuninya.

Baca:  Kemenparekraf gandeng enam organisasi profesi terbitkan Buku Proyek Desain